Skip to main content
x
Gerak Jalan Gerak Inklusi

Selamat Datang di Gerak Inklusi

Selamat Datang di Gerak Inklusi, website jejaring advokasi untuk Indonesia yang Inklusif.

Gerak Inklusi merupakan platform jejaring bagi para pegiat inklusi difabel, maupun masyarakat yang ingin mengikuti perkembangan advokasi menuju Indonesia yang inklusif bagi Difabel / Penyandang Disabilitas.

Gerakan Difabel / Disabilitas di Indonesia telah muncul sejak berpuluh tahun yang lalu. Lahirnya organisasi Difabel seperti Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI), Gerakan Kesejahteraan TunaRungu Indonesia (GERKATIN) serta berbagai organisasi lain merupakan awal munculnya advokasi Difabel / Penyandang Disabilitas, yang seiring berjalannya waktu, terus memperkuat gerakannya dalam agenda advokasi yang masif untuk kebijakan yang lebih berpihak pada Difabel. Mulai dari advokasi lahirnya Undang-Undang 4 1997 tentang penyandang cacat, ratifikasi CRPD, hingga lahirnya UU 8 2016 merupakan buah dari kerja kolektif yang terjadi baik secara sengaja maupun secara tidak disadari. Namun, sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada dokumentasi yang menjelaskan dan bahkan menjembatani proses jejaring tersebut.

Gerakan advokasi bersama atas turunan Undang-Undang no.8 2017 telah membangun kebersamaan kolektif beberapa leading DPOs untuk menggerakkan advokasi bersama. Hal ini merupakan momentum yang perlu dijembatani dengan platform jejaring yang akan mampu mewadahi kerja bersama dalam advokasi RPP dan berbagai isu inklusi difabel lainnya. Platform tersebut, juga harus mampu mengakomodasi kebutuhan akan keterlibatan (baik secara langsung maupun secara offline) dari kelompok advokat inklusi difabilitas yang lebih luas.