Lompat ke isi utama

Memiliki Laptop atau desktop yang berusia 5 tahun atau lebih memang menyenangkan. Terbukti bahwa kita dapat menjaga barang-barang kita dengan bagus sehingga awet. Beruntung apalagi jika tidak mengupdate sistem operasi yang didalamnya. Performa dan kenyamanan masih akan terjaga. Mungkin hanya dengan rajin membersihkan temporary dan menghindari virus dan file-file tak penting saja. Namun kendala windows update memang memusingkan karena otomatis windows akan terupdate yang akan menyebabkan komputer kita bisa keok.

Dahulu memang ada windows lite yang bisa kita buat sendiri. Namun sekarang ada hal lebih mudah untuk membuat windows kita menjadi enteng bahkan dengan update 22H2 sekalipun. Install windows enteng akan membuat komputer lama kita memiliki nafas yang lebih panjang dengan performa yang prima. Karena windows yang enteng ini tidak mengikutkan software-sotware dari windows yang tidak penting istilah kerennya adalah bloatware.

Menghindari bloatware memang bisa, jika laptop anda masih dalam keadaan yang prima atau intel generasi yang diatas 6 atau 7. Bisa dilakukan pencarian di google dengan kata kunci 'bloatware' pilih sendiri atau cara-caranya dapat anda cari di Youtube dengan kata kunci yang sama.

Install windows enteng salah satunya yang dapat dilakukan adalah buka situs atau cari di googel dengan kata kunci Phoenix LiteOS. Setelah ketemu masuk ke PhoenixLiteOS tersebut kemudian download WIndows 11 atau Windows 10 mana yang anda inginkan. Jika Laptop anda tergolong baru silakan unduh yang Windows 11, jika agak tidak yakin silakan coba yang Windows 10 karena jauh lebih enteng. Notabene kedua OS ini hampir sama cuma Windows 11 memerlukan arsitektur Prosesor Intel Generasi ke 8 atau lebih.

Phoenix Lite OS ini tidak menghilangkan serial number atau kualitas Windows Ori anda, sejak product key ditanamkan di motherboard. Tak perlu lagi memasukkan kode product key windows jika sejak awal atau laptop anda sudah pernah memiliki windows genuine ori.

Setelah instal windows enteng ini ketahuan bahwa semua yang berhubungan dengan Microsoft Edge dihilangkan. Bukan masalah besar karena banyak browser canggih diluar yang dapat digunakan. Untuk menginstall Mail, Calendar, Spotify, Whats App dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Store. Tentu saja setelah anda registrasi dengan Windows Account anda.

Untuk menggunakan One Drive jika anda adalah penggunanya karena One Drive juga terdisable untuk peningkatan performa maka yang dapat anda lakukan adalah:

  1. Buka registry dan cari:

    HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Policies\Microsoft\Windows\OneDrive

  2. cek ini:

    DisableFileSyncNGSC = DWORD:1

Apabila DisableFileSyncNGSC = DWORD:1 maka ganti menjadi DisableFileSyncNGSC = DWORD:0. Demikian sebuah sharing install windows enteng.

x

Please add some content in Animated Sidebar block region. For more information please refer to this tutorial page:

Add content in animated sidebar