Skip to main content
x
Hari Disabilitas Internasional 2017 di pusatkan di Prambanan

Hari Disabilitas Internasional 2017 di pusatkan di Prambanan

Hari Disabilitas Internasional 2017 dirayakan di Lapangan Candi Siwa Kompleks Candi Prambanan Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih dari 400 difabel dari berbagai kota di Indonesia berkumpul memperingati Hari Disabilitas Internasional 2017 (HDI) selama 2 hari. HDI 2017 berlangsung dari tanggal 2 - 3 Desember 2017. Seperti biasa acara difabel adalah pawai sepeda motor roda 3 dan biasanya pasti ada gerak jalan. Tidak terlalu istimewa dan inovatif, seperti rutinitas saja yang menghabiskan uang. Mungkin perlu mencari acara model lain yang menarik berbagai kalangan.

Tema Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2017

Tema besar Hari Disabilitas (HDI) 2017 ada 2 yaitu tema internasional dan tema nasional. Tema HDI 2017 Internasional adalah 'Transformations Towards Sustainable dan Resilient Society for All", sedangkan tema nasional HDI 2017 adalah Menuju Masyarakat Inklusi, Tangguh dan Berkelanjutan'.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional dibuka langsung oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gubernur DIY, KGPAA Sri Paku Alam X dan Bupati Sleman Sri Purnomo. Dalam kesempatan ini juga Ketua Penyandang Disabilitas Indonesia mengatakan bahwa dengan disahkannya UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas sangat bermakna bagi para Penyandang Disabilitas, ungkap Siswadi. "Paling penting tiga hak utama yakni pendidikan, kesehatan dan hak ekonomi bisa semakin meningkat untuk para penyandang disabilitas Indonesia. Kegiatan peringatan HDI ini diharapkan menjadi momentum agar kita bersama bisa membentuk masyarakat yang inklusi sementara untuk rekan disabilitas agar bisa mengikuti era digitalisasi yang saat ini sedang terjadi namun tidak terbawa arus dengan tetap memiliki karakter Pancasila,” tukas Ketua Penyandang Disabilitas Indonesia, Siswadi.

“Kami mengapresiasi sekaligus berterimakasih karena DIY jadi lokasi puncak peringatan HDI tahun 2017. Kami berharap peringatan ini bisa mensosialisasikan implementasi UU no 8 tahun 2016 agar hak-hak penyandang disabilitas bisa terwujud,” ungkap Wakil Gubernur DIY, KGPAASri Paku Alam X menggarisbawahi dalam pidato sambutannya di Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2017 di Candi Prambanan dan mengharapkan bahwa Peringatan HDI 2017 adalah momentum penting bagi kaum DIfabel untuk menunjukkan eksistensi dan prestasinya.

Tentang Hari Disabilitas Internasional di Indonesia

Sejak tahun 1996 Peringatan Hari Disabilitas Internasional diperingati secara nasional, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap hak dan berbagai permasalahan Difabel. Pelaksanaan secara Nasional adalah perwujudan dan tuntutan dari diratifikasinya Konvensi Internasional tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas dengan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2011.

Dengan tulisan ini pula Gerak Inklusi mengucapkan selamat memperingati Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2017, Menuju Masyarakat Inklusi, Tangguh dan Berkelanjutan.

[ Mensos saat menyapa difabel di puncak peringatan HDI 2017 di Prambanan. (Foto : FX Harminanto)]